Mempraktekkan Syukur Setiap Hari Dapat Menarik Rezeki

Kisah saya adalah contoh sempurna bagaimana rasanya menghadapi hidup tanpa rasa syukur dan apa yang terjadi ketika kita menjadikan syukur sebagai bagian dari hidup.

syukur
Syukur bisa dilakukan setiap hari dalam setiap kesempatan

Jika enam tahun yang lalu saya ditanya apakah saya orang yang bersyukur, saya akan menjawab "Ya, tentu saja saya orang yang bersyukur. Saya mengucapkan terima kasih ketika menerima hadiah, ketika seseorang membukakan pintu untuk saya, atau ketika seseorang melakukan sesuatu untuk saya." Tapi sesungguhnya saya bukanlah orang yang bersyukur. Saya tidak tahu apa arti sesungguhnya dari bersyukur, dan hanya sesekali saja mengucapkan terima kasih, jelas tidak menjadikan saya orang yang penuh syukur.

Tanpa syukur hidup saya terasa sulit. Saya punya utang dan setiap bulan utang itu semakin besar. Saya bekerja keras. tapi kondisi keuangan saya tidak pernah membaik. Dalam usaha mengejar pembayaran utang dan kewajiban yang semakin menumpuk, saya terus hidup dalam arus stres. Hidup dan hubungan saya dengan orang lain berayun seperti pendulum, dari yang sebelumnya lumayan menjadi buruk, karena sepertinya saya tidak punya cukup waktu untuk  setiap orang. Meski saya disebut "sehat" tapi saya sering kehabisan tenaga di penghujung hari. Saya juga gampang tertular batuk pilek dan penyakit setiap pergantian musim. Saya merasa bahagia ketika pergi berlibur dan bersenang-senang dengan teman-teman. Tetapi realita harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan dan membayar kenikmatan itu membuat saya semakin tertekan.

Sebenarnya saya tidak sedang hidup tapi hanya bertahan dari hari ke hari, dari gaji ke gaji dan saya tidak bisa lebih cepat menyelesaikan satu masalah dibandingkan datangnya masalah lain. Tapi akhirnya terjadi sesuatu yang mengubah segalanya dalam hidup saya. Saya menemukan sebuah rahasia hidup, yaitu dengan MEMPRAKTEKKAN SYUKUR SETIAP HARI. Akibatnya segala sesuatu dalam hidup saya berubah dan semakin saya mempraktekkan syukur, semakin ajaiblah hasilnya. Hidup saya benar-benar ajaib.

Untuk pertama kali dalam hidup saya, saya terbebas dari utang dan tidak lama sesudahnya, saya mempunyai semua uang yang saya butuhkan untuk melakukan apapun yang saya inginkan. Masalah yang terkait dengan hubungan dengan orang lain, masalah pekerjaan, masalah kesehatan semua menghilang dan tergantikan dengan hari-hari yang indah setiap hari.Kesehatan dan tenaga saya meningkat drastis dan saya merasa lebih baik dibanding saat saya berumur duapuluhan. Dan dalam beberapa bulan saja hubungan saya dengan orang lain menjadi jauh lebih bermakna dan saya memiliki lebih banyak waktu dan menikmati saat indah bersama keluarga dan teman-teman dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Saya merasa bahagia daripada yang bisa saya bayangkan. Syukur telah mengubah saya dan seluruh hidup saya berubah secara ajaib.

Cara mempraktekkan syukur untuk menarik rezeki

# 1. Langkah Pertama
Carilah hal-hal yang bisa anda syukuri dari setiap area kehidupan anda

Lihatlah area-area utama dalam hidup anda atau rezeki anda saat ini : uang, kesehatan, kebahagiaan, karier, rumah tangga dan hubungan dengan orang lain. Carilah hal-hal yang bisa anda syukuri dari area itu setiap hari dan katakan terima kasih, alhamdulillah atas semua rezeki Allah, nikmat dan berkat yang telah anda terima. Hal ini akan membuat anda melihat sisi positif dari area kehidupan anda dan membuat hidup anda jadi positif dan ceria. 

# 2.  Langkah Kedua
Hitunglah berkat dan rezeki anda setiap hari 

Hitunglah berkat atau rezeki yang anda terima setiap hari dan ucapkan syukur yang dalam dari hati atas semua berkat dan rezeki itu. Tidak perlu berkat atau rezeki yang melulu berupa materi tapi cukup menikmati hangatnya mentari pagi, udara gratis yang kita hirup, mencium aroma wangi rumput sehabis hujan adalah rezeki yang kita terima. Hitung semuanya dan setiap kali menyadarinya ucapkan syukur alhamdulillah dan yakinlah anda akan merasa menjadi manusia paling kaya, paling beruntung karena begitu banyak rezeki, nikmat yang anda sadari diberikan olehNya.

# 3. Langkah Ketiga
Setiap hari sengaja memfokuskan pikiran untuk bersyukur

Sengaja berpikir dan mengucapkan kata-kata ajaib terima kasih dan syukur alhamdulillah. Pikiran hanya bisa berpusat pada satu hal dan satu perasaan saja. Kita tidak bisa senang dan sedih dalam waktu yang sama. Kita tidak bisa bersyukur dan merasa kekurangan dalam waktu yang sama. Pikiran hanya bisa fokus pada satu perasaan saja. Jika kita sengaja mengarahkan pikiran dan mulut untuk fokus pad perasaan syukur maka hidup kita akan dipenuhi syukur dan kegembiraan.

# 4. Langkah Keempat
Sengaja merasakan syukur

Sengaja merasakan syukur. Semakin kita memikirkan hal-hal yang kita syukuri dari setiap rezeki dan berkat yang kita terima, maka semakin besar syukur yang kita rasakan. Semakin banyak syukur yang anda pikikan dan rasakan semakin banyak kelimpahan yang anda terima.

Syukur adalah perasaan. Jadi tujuan utama mempraktekkan syukur adalah sengaja merasakannya sebanyak mungkin, karena kekuatan perasaan andalah yang mempercepat terjadinya keajaiban dalam hidup anda. Untuk menerima anda harus memberi. Inilah hukumya. Syukur adalah memberi terima kasih. Hukum Newton berlaku satu banding satu - apa yang anda beri akan anda terima dalam jumlah yang sama. Itu berarti semakin besar perasaan syukur anda, tingkat kehidupan anda dan banyaknya rezeki akan meningkat setara dengan perasaan anda. Semakin sungguh-sungguh perasaan anda dan semakin tulus syukur anda, semakin cepat hidup anda berubah.

Sebaliknya inti dari sikap tidak bersyukur adalah kita mengambil dan menyepelekan segalanya dalam hidup kita. Menyepelekan rezeki dan pemberian Allah yang telah banyak kita terima yang tidak kita sadari dan tidak kita syukuri. Jika kita menyepelekan kesehatan, menyepelekan uang yang kita pegang, meyepelekan hubungan dengan orang lain, itu sama saja kita menyepelekan Allah. Ingat sesuatu yang kita sepelekan bisa diambil Allah seketika karena Dia sanggup dan maha kuasa untuk itu.

Tulisan ini saya tutup dengan penggalan kata-kata Mantan Presiden Amerika Serikat ke 35 John F. Kennedy (1917 -1963) berikut ini :
Saat kita mengungkapkan rasa syukur, kita tidak boleh lupa bahwa penghargaan tertinggi bukanlah pada kata-kata, tapi bagaimana menerapkannya dalam hidup
Intinya bukan ucapannya, kata, atau retorika yang keluar dari mulut tapi penerapannya, prakteknya dalm hidup sehari-hari. Allah berkata bahwa siapa yang mensyukuri nikmatnya akan ditambah olehNya. Karena itu mulailah bersyukur hari ini. Wallahu alam
(baca juga : Semua artikel yang terkait dengan syukur)

Terinspirasi dari Kisah Rhonda Byrne dalam buku "The Magic"

Comments

Popular posts from this blog

Bolehkah Menolak Rezeki?

Menarik Rezeki dengan Asmaul Husna (5)

Doa Agar Rezeki Tak Terputus